BaiatKebenaranSyahadatTakfir

Bagaimana Generasi Terbaik Islam Melakukan Syahadat?

Seperti kita ketahui berdasarkan sabda Nabi ﷺ bahwa Generasi Terbaik Islam adalah generasi pertama dan terdahulu, yaitu generasi shahabat, generasi tabi’in, dan generasi tabi’ut tabi’in. Jika memang syahadat bagi yang lahir dalam keluarga muslim adalah benar, maka seharusnya itu lazim dicontohkan oleh ketiga generasi tersebut. Jika memang seorang anak yang lahir dari keluarga muslim harus menegaskan keislamannya dengan bersyahadat, maka kejadian ini juga pasti diriwayatkan oleh banyak ulama. Mereka pasti memprioritaskan hal yang sangat penting ini. Namun kita tidak menemukan satu riwayat pun mengenai hal ini.

Rasulullah tidak pernah menarik syahadat dari Hasan dan Husein. Anak yang lahir pertama kali dalam islam adalah Abdullah bin Zubair, namun kedua orangtuanya (Zubair bin Awwam dan Asma binti Abu Bakar) mendorong Abdullah bin Zubair kecil untuk berbaiat, bukan bersyahadat.i

Sesuatu yang tidak dicontohkan oleh Nabi Muhammad adalah bid’ah, setiap bid’ah menuju kesesatan, dan setiap kesesatan tempatnya di neraka.

Kesimpulan:

Praktek syahadat (bagi yang lahir dalam keluarga muslim atau telah melaksanakan ajaran-ajaran Islam) tidak dicontohkan oleh Generasi Terbaik Islam: Shahabat, Tabi’in dan Tabi’ut Tabi’in.

REFERENSI:

i Syarh Shahih Muslim no. 3998, terdapat di catatan penulis dan dapat diakses pula melalui Ensiklopedi Hadits


BACA JUGA:

  • Apakah Keislaman Seseorang Dapat Batal Karena Kefasiqan?

  • Khawarij dan Muta’zilah

  • Tegas dan Tidak Perlu Takut Berubah

  • Support Da’wah dan Kontak Kami di:

    Related Articles

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    Back to top button